Jumat, 04 November 2011

Fungsi keluarga yang berpengaruh

Bagi saya keluarga terdiri dari ayah,ibu,dan anak , yang merupakan hasil dari sebuah ikatan yang dapat membentuk sebuah keluarga. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh dan membimbing anak-anaknya untuk mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat.
Dalam keluargalah pribadi anak pertama kali di bangun. Beberapa fungsi yang saya rasakan sangat penting dan berpengaruh pada perkembangan anak yaitu :
1.  Sebagai Pendidik
     Suatu fungsi dimana fungsi pendidikan yang didapatkan tidak seperti yang ada di pendidikan formal dan kebanyakan dalam praktek, yaitu seperti saat makan tidak dibolehkan "gap-gap-an" atau tergesa", sesudah makan di arahkan untuk menyikat gigi begitu juga sebelum tidur, sopan terhadap yang lebih tua dan menyayangi kepada yang muda.

2.   Sebagai Motivator
      Anak yang mempunyai masalah, memerlukan dorongan dan dukungan dari keluarga. Oleh karenanya, keluarga harus mampu memeberikan motivasi, agar anak memiliki semangat yang baik untuk berkembang dan menjadi lebih baik.
3.   Sebagai tempat CurHat
       Yaitu fungsi yang memfasilitasi anak untuk mengeluarkan isi hati agar Orang tua dapat mengetahui keinginan anaknya, Dan dalam hal ini dapat membuat komunikasi antara Orang tua dan anak terjalin dengan baik.

Mungkin beberapa fungsi tersebut di atas yang berkesan bagi saya pribadi. Dan saya harap keluarga serta saudara-saudara saya tetap terus dilindungi oleh Allah SWT diberikan Aman selamat lancar barokah masuk surga selamat dari api neraka Amien.... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar