Jumat, 04 November 2011

Penyimpangan Aktualisasi Diri

Aktualisasi diri merupakan suatu aktifitas dimana kita dituntut untuk memperkenalkan diri kita terhadap lingkungan sekitar yang pada tahap selanjutnya kita dapat menjalankan fungsi sebagai makhluk sosial.
Dari sebab itu, tidak menutup kemungkinan jika aktualisasi dalam diri setiap manusia memberikan dampak yang tidak baik,,atau bahkan menyimpang menjadi masalah sosial yang ada di lingkungan kita sekarang..
saya akan memberikan beberapa contoh masalah sosial akibat dari penyimpangan aktualisasi diri,
diantaranya :


1. Menjadikan diri setiap manusia akan lebih cenderung memikirkan dirinya sendiri (egois) yang pada akhirnya  menjadikan diri pribadi tersebut bersifat individualis.


2. Cenderung menutup diri (individualisme)


3. Akan berusaha memenuhi hasratnya agar tercapai hingga menempuh jalan apapun yang di anggapnya sesuai tapi belum tentu sesuai dengan orang lain.


4. Menjadikan dirinya sombong setelah apa yang diinginkannya terwujud.


5. Mempunyai suatu pemikiran yang salah yaitu mengklaim apa apa yang sudah dia lakukan untuk mewujudkan suatu keinginannya serta merta hanya dengan perjuangannya sendiri dengan kata lain tidak mengakui adanya bantuan dari orang lain yang mendukungnya.


Sebenarnya jika aktualisasi diri pada setiap manusia dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya,  maka hal hal di atas tidak akan terjadi.


Karena tidak ada ilmu yang salah, maka kembali lagi kepada sifat diri manusia yang pada hakikatnya bila ada hitam pasti ada putih.


Itu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar